Rabu, 05 Januari 2011

Potensi Ekonomi Papua


Papua merupakan propinsi yang terletak di wilayah paling timur Indonesia dan merupakan daerah yang penuh harapan. Daerahnya belum banyak dirambah aktivitas manusia dan kaya akan sumber daya alam yang menyajikan peluang untuk berkembang. Tanahnya luas dipenuhi oleh hutan, laut dan keaneka ragaman biotanya dan berjuta-juta hektar tanahnya cocok untuk tanah pertanian. Didalam bumi Papua menyimpan gas alam, minyak dan aneka bahan tambang lain yang siap menunggu untuk diolah.

Di sebelah Timur Propinsi ini merupakan negara Papua Nugini atau east New Guinea. Propinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Irian Jaya, sehingga sering disebut Irian Barat terutama oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM), yaitu para nasionalis lokal yang ingin memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

Propinsi Papua memiliki luas wilayah 317.062 Km2 dan membawahi 19 kabupaten dan 1 kota dengan 250 kecamatan. Jumlah penduduk di propinsi ini mencapai 1.875.388 jiwa dengan komposisi 970.299 orang pria dan 905.089 orang wanita. Mayoriats penduduk lokal memiliki pendidikan rendah hal ini dapat dibaca dari tingginya jumlah masyarakat yaitu 51,2 persen, tidak tamat sekolah dasar.


Selengkapnya, Klik :

> Deskripsi Provinsi
> Geografis dan Populasi
> Peta Ekonomi Provinsi
> Data Peta Ekonomi

http://www.cps-sss.org/web/home/propinsi/prop/Papua

1 komentar: